Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta sangat dekat dengan malioboro

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta merupakan salah satu museum yang berada di tengah kemeriahan kota yogyakarta yang dahulu merupakan benteng zaman penjajahan kolonial belanda lebih tepatnya berada di kawasan nol kilometer, awal mula dibangun buat mengawasi pergerakan keraton yogyakarta.

Museum Benteng Vredeburg

Museum benteng Vredeburg Yogyakarta menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong yang datang, bangunan benteng dikelilingi oleh bangunan kuno peninggalan zaman belanda juga, antara lain gedung agung yang saat ini dijadikan istana negara, kantor BNI 1946, kantor pos besar, Bank indonesia dan di sebelah timur ada Taman Pintar yang dahulunya eks kawasan shopping center.

Koleksi di Museum Benteng Vredeburg

  1. Diorama 1: Diorama 1 terdiri dari 11 minirama yang menggambarkan sejak peristiwa periode perjuangan pangeran diponegoro hingga masa pendudukan jepang saat berada di yogyakarta
  2. Diorama 2: Diorama 2 terdiri dari 19 minirama yang menggambarkan sebuah peristiwa sejarah Proklamasi Kemerdekaan sampai dengan terjadi Agresi Militer Belanda yang ada di Indonesia.
  3. Diorama 3: diorama 3 terdiri dari 18 minirama yang menggambarkan terjadinya peristiwa sejak adanya Perjanjian Renville hingga pengakuan kedaulatan Republik Indonesia Serikat
  4. Diorama 4: diorama 4 terdiri dari 7 buah minirama yang menggambarkan peristiwa sejarah pada saat periode Negara Kesatuan Republik Indonesia hingga pada Masa Orde Baru.

Fasilitas di Museum

Ruang Pameran Tetap, Ruang Pameran Temporer, Kantin, Ruang audio Visual, Ruang auditorium, ruang pengenalan, ruang game museum, taman, ruang studi koleksi, ruang konservasi, Kamar mandi, mushola, ruang satpam, tempat parkir, ruang tamu VIP, ruang laktasi dan ruang PPPK.

Tiket Masuk Benteng Vredeburg

  • Pengunjung Dewasa: Rp.3.000
  • Pengunjung Dewasa Rombongan (minimum 20 orang): Rp. 2.000,-
  • Pengunjung Anak-anak (TK, SD, SMP): Rp.2.000
  • Pengunjung Anak-anak Rombongan (minimum 20 orang): Rp.1.000,-
  • Pengunjung Asing: Rp.10.000

Waktu Kunjungan ke Museum 

Waktu kunjungan masuk ke museum saat ini karena pandemi hanya dibatasi mulai hari selasa hingga jum'at dengan jam masuk mulai jam 09.00 - 14.00 dan buat hari Sabtu, minggu dan senin serta libur nasional museum tutup.

Alamat Museum Benteng Vredeburg

  • Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta - SEE MAP
Sumber Artikel: https://vredeburg.id/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel