8 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan yang mengagumkan

Manfaat Buah Nanas bagi kesehatan yang mengagumkan bagi tubuh, Nanas merupakan salah satu buah tropis yang sangat lezat, enak dan sehat. buah nanas merupakan buah yang berasal dari Amerika Selatan, di mana para penjelajah yang berasal dari Eropa awal menamakannya demikian karena kemiripannya dengan biji pinus. 


Buah populer ini dikemas dengan nutrisi, antioksidan, dan senyawa bermanfaat lainnya, seperti enzim yang dapat melawan peradangan dan penyakit. Nanas dan senyawanya telah dikaitkan dengan banyak manfaat bagi kesehatan manusia, antara lain dapat membantu pencernaan, meningkatkan kekebalan, dan mempercepat pemulihan dari operasi.

Inilah 10 Manfaat Buah Apel Bagi kesehatan yang sangat mengagumkan

Berikut ini adalah 8 manfaat buah nanas untuk kesehatan yang mengagumkan.

1. Sarat Dengan Nutrisi

Nanas juga mengandung sejumlah kecil vitamin A dan juga K, fosfor, seng, dan kalsium. buah yang enak ini sangat kaya akan vitamin C serta mangan, masing-masing menyediakan sekitar 131% dan 76% dari rekomendasi harian. Vitamin C sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, sistem kekebalan tubuh yang sehat dan membantu penyerapan zat besi dari makanan. 

2. Mengandung Antioksidan Penangkal Penyakit

Nanas tidak hanya kaya akan nutrisi, tetapi juga mengandung banyak antioksi yang menyehatkan. Antioksidan adalah molekul yang membantu buat tubuh Anda melawan stres oksidatif. Stres oksidatif adalah keadaan di mana terlalu banyak radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas ini berinteraksi dengan sel-sel tubuh dan menyebabkan kerusakan yang terkait dengan peradangan kronis

3. Enzimnya Dapat Memudahkan Pencernaan

Buah Nanas berfungsi sebagai protease, yang yang berguna untuk memecah molekul protein menjadi blok pembangun, seperti asam amino dan peptida kecil. Setelah molekul protein dipecah, mereka akan lebih mudah untuk diserap di usus kecil. Ini dapat sangat membantu bagi orang-orang dengan insufisiensi pankreas, suatu kondisi di mana pankreas tidak dapat membuat cukup enzim pencernaan

4. Dapat Membantu Mengurangi Risiko Kanker

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa buah nanas mengandung senyawanya yang dapat mengurangi risiko kanker. karena buah ini dapat meminimalkan stres oksidatif dan mengurangi peradangan. Salah satu senyawa tersebut adalah kelompok enzim pencernaan yang disebut bromelain. 

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Menekan Peradangan

Nanas telah menjadi bagian dari pengobatan tradisional selama berabad-abad lamanya. Mereka mengandung berbagai macam vitamin, mineral dan enzim seperti bromelain yang secara kolektif dapat meningkatkan kekebalan dan menekan peradangan

6. Dapat Meringankan Gejala Arthritis

Nanas mengandung bromelain, yang memiliki sifat anti-inflamasi, umumnya dianggap dapat meredakan nyeri bagi penderita radang sendi. salah Satu studi yang di lakukan oleh para pakar yang dilakukan pada pasien dengan osteoartritis menemukan bahwa mengonsumsi suplemen enzim pencernaan yang mengandung bromelain membantu menghilangkan rasa sakit seefektif obat arthritis umum seperti diklofenak.

7. Mempercepat Pemulihan Setelah Operasi

Makan nanas dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk pulih dari operasi. Ini sebagian besar disebabkan oleh sifat anti-inflamasi bromelain. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bromelain dapat mengurangi peradangan, bengkak, memar, dan nyeri yang sering terjadi setelah operasi.

8. Bermanfaat buat Diet

Nanas merupakan buah dengan rasa manis, nyaman dan mudah dimasukkan ke dalam makanan Anda. Mereka sangat terjangkau dan tersedia sepanjang tahun di banyak pasar baik tradisional maupun modern, karena dapat dibeli dalam keadaan segar, kalengan atau beku.

Artikel ini Disadur dari: healthline.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel